• Posted by : Unknown Minggu, 25 Desember 2016

    Epistemologi berasal dari kata yunani, episteme dan logos. Episteme biasa diartikan pengetahuan atau kebenaran dan logos diartikan pikiran, kata atau teori. Epistemologi secara etimologi dapat diartikan teori pengtahuan yang benar, dan lazimnya hanya disebut teori pengetahuan dalam bahas inggrisnya menjadi theory of knowledge.
    1.      Logika material
    Apabila logika formal menyangkut dengan bentuk pemikiran maka logika material menyangkut isi pemikiran. Dengan kata lain, apabila logika formal yang biasanya disebut logika, berusaha untuk menyelidiki dan menetapkan bentuk pemikiran yang masuk akal, logika material berusaha untuk menetapkan kebenaran dari suatu pemikiran ditinjau dari segi isinya.
    2.      Kriteriologia
    Istilah kriteriologia berasal dari kata kriterium yang berasri ukuran yang maksudnya adalah ukuran untuk menetapkan benar tidaknya suatu pikiran atau pengetahuan tertentu.
    Kriteriologia merupakan suatu cabang filsafat yang berusaha untuk menetapkan benar atau tidaknya suatu pikiran atau pengetahuan berdasarkan ukuran tentang kebenaran.
    3.      Kritika pengetahuan
    Istilah kritika pengetahuan sedikit banyak ada sangkut pautnya dengan istilah kriteriologia. Yang dimaksud kritika di sini adalah sejenis usaha manusia untuk menetapkan, apakah suatu pikiran atau pengetahuan manusia itu sudah benar atau tidak dengan jalan meninjaunya secara sedalam-dalamnya.
    4.      Gneseologia
    Istilah gneseologia berasal dari kata gneos dan logos. Dalam hal ini gneos berarti pengetahuan yang bersifat keilahian, sedangkan logos berarti ilmu pengetahuan.
    Dengan demikian, gneseologia berarti suatu ilmu pengetahuan  atau cabang filsafat yang berusaha untuk memperoleh pengetahuan mengenai hakikat pengetahuan, khususnya mengenai pengetahuan yang bersifat keilahian
    5.      Filsafat pengetahuan
    filsafat pengetahuan merupakan salah satu cabanag filsafat yang mempersoalkan mengenai masalah hakikat pengetahuan.
    J.A. Niels Mulder berpendapat bahwa, epistemologi adalah cabang filsafat yang mempelajari soal tentang watak, batas-batas dan berlakunya dari ilmu pengetahuan.
    Jacques Veuger mengemukakan, epistemologi adalah pengetahuan tentang pengetahuan yang kita milikisendiri bukannya pengetahuan orang lain tentang pengetahuan kita, atau pengetahuan yang kita miliki tentang pengetahuan orang lain.
    Abbas Hamami Mintarejo memberikan pendapat bahwa epistemologi adalah bagian filsafat atau cabang filsafat yang membicarakan tentang terjadinya penegtahuan dan pengadakan penilaian atau pembenaran dari pengetahuan yang telah terjadi itu.
    Jadi, epistemologi adalah bagian filsafat yang membicarakan tentang terjadinya pengetahuan, sumber pengetahuan, asal mula penegtahuan, batas-batas, sifat, metode, dan kesahihan penegtahuan. 

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan