• Posted by : Unknown Selasa, 20 Desember 2016

    Kedudukan ilmu, filsafat dan agama mempunyai hubungan yang terkait dan reflektif dengan mnausia. Dikatakan terkait karena ketiganya tidak dapat bergerak dan berkembang apabila tidak ada tiga alat dan tenaga utama yang berada di dalam diri manusia. Tiga alat dan tenaga utama manusia adalah akal pikir, rasa dan kayakinan, sehingga dengan ketiga hal tersebut manusia dapat menacapai kebahagiaan bagi dirinya.
    Ilmu dan filsafat dapat bergerak dan berkembang berkat akal pikiran mnausia. Juga, agama dapat bergerak dan berkembang berkat adanya keyakinan. Akan tetapi, ketiga alat dan tenaga utama tersebut apabila tidak dapat berhubungan dengan ilmu, filsafat, dan agama apabila tidak didoraong dan dijalankan oleh kemauan manusia yang merupakan tenaga tersendiri yang terdapat dalam diri manusia.
    Dikatakan reflektif, karena ilmu, filsafat dan agama baru dapat dirasakan (diketahui) faedahnya/manfaatnya dalam kehidupan manusia, apabila merefleksi (lewat proses pantul diri) dalam diri manusia.

    Menurut Prof Nasroen, S.H., mengemukakan bahwa filsafat yang sejati haruslah berdasarkan pada agama. Apabila filsafat tidak berdasarkan pada agama dan filsafat hanya semata-mata berdasarkan atas akal fikir saja, filsafat tersebut tidak akan memuat kebenaran objektif karena yang memberikan penerangan dan putusan adalah akal pikiran.

    { 1 komentar... read them below or add one }

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan