• Posted by : Unknown Jumat, 23 Desember 2016

    Sebagai alat untuk mengetahui terjadinya pengetahuan menurut John Hospers dalam bukunya An Introduction To Philosophical Analysis mengemukakan ada enam hal, yaitu sebagai berikut.
    1.      Pengalaman Indra (Sense Experience)
    2.      Nalar (Reason)
    3.      Otoritas (Authority)
    4.      Intuisi (Intuition)
    5.      Wahyu (Revelation)
    6.      Keyakinan (Faith)
    Berikut ini penjelasan dari enam hal berikut.
    1.      Pengalaman Indra (Sense Experience)
    Dalam hidup manusia tampaknya pengindraan adalah satu-satunya alat untuk menyerap segala sesuatu objek yang ada di luar diri manusia. Karena terlalu menekankan pada kenyataan, paham demikian dalam filsafat disebut “realisme”. Realisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa semua yang dapat diketahui adalah hanya kenyataan.
    Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengalaman indra merupakan sumber pengetahuan yang berupa alat-alat untuk menangkap objek dari luar diri manusia melalui kekuatan indra. Kekhilafan akan terjadi apabila ada ketidaknormalan di antara alat-alat itu.
    2.      Nalar (Reason)
    Nalar adalah salah satu cara berfikir dengan menggabungkan dua pemikiran atau lebih dengan maksud untuk mendapat pengetahuan baru. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam masalah ini adalah tentang asas-asas pemikiran berikut.
    Principium Identitas, asas ini biasanya juga disebut asas kesamaan.
    Principium Contradictionis, asas ini biasanya disebut sebagai asas pertentangan
    Principium Tertii Exclusi, asas ini biasa disebut sebagai asas tidak adanya kemungkinan ketiga.
    3.      Otoritas (Authority)
    Otoritas adalah kekuasaan yang sah yang dimiliki oleh seseorang dan diakui oleh kelompoknya. Otoritas menjadi salah satu sember pengetahuan, karena kelompoknya memiliki pengetahuan melalui seseorang yang mempunyai kewibawaan dalam pengetahuan.
    Jadi, sebagai kesimpulan bahwa pengetahuan yang terjadi karena adanya otoritas adalah pengetahuan yang terjadi melalui wibawa seseorang sehingga orang lain mempunyai pengetahuan.
    4.      Intuisi (Intuition)
    Intuisi adalah kemampuan yang ada pada diri manusia yang berupa proses kejiwaan dengan tanpa suatu rangsangan atau stimulus mampu untuk membuat pernyataan berupa pengetahuan.
    5.      Wahyu (Revelation)
    Wahyu adalah berita yang disampaikan oleh tuhan kepada nabi nya untuk kepentingan umatnya. Kita mempunyai pengetahuan melalui wahyu, karena ada kepercayaan tentang sesuatu yang disampaikan itu.
    6.      Keyakinan (Faith)
    Keyakinan adalah suatu kemampuan yang ada pada diri manusia yang diperoleh melalui kepercayaan.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan