• Posted by : Unknown Selasa, 20 Desember 2016

    1.      Pengertaian filsafat secara etimologi
    Kata filsafat, yang dalam Bahasa arab dikenal dengan istilah falsafah dan dalam Bahasa inggris dikenal dengan istilah philosopy adalah berasal dari Bahasa yunani philosopia. Kata philosopia terdiri atas kata philein yang berarti cinta (love) dan Sophia yang berarti kebijaksanaan (love of wisdom) dalam arti yang sedalam-dalamnya. Dengan demikian, seorang filsuf adalah pencipta atau pencari kebijaksanaan.
    2.      Pengertian filsafat secara terminology
    Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio. Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan. 
    Pengertian filsafat menurut para tokoh :
    1)      Harun Nasution
    Pengertian filsafat menurut  Harun Nasution adalah berfikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas (tak terikat tradisi, dogma atau agama) dan dengan sedalam-dalamnya sehingga sampai ke dasar-dasar persoalan 
    2)      Plato
    Planto berpendapat bahwa filsafat adalah pengetahuan yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang asli
    3)      Aristoteles 
    Menurut Aristoteles, yang merupakan murid Plato menyatakan filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat keindahan)
    4)      Al Farabi
    Filsuf muslim terbesar sebelum Ibn Sina ini mengatakan bahwa filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam yang maujud dan bertujuan  menyelidiki hakekatnya yang sebenarnya. 
    5)      Rene Descartes
    Menurut Descartes, filsafat adalah kumpulan semua pengetahuan dimana tuhan, alam, dan manusia menjadi pokok penyelidikan.
    6)      Langeveld
    Menurut langeveld, filsafat adalah berfikir tentang masalah-masalah yang akhir dan yang menentukan, yaitu masalah-masalah mengenai makna keadaan, tuhan, keabadian,dan kebebasan.
    7)      Immanual kant
    Menurut kant, filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang menjadi pangkal dari semua pengetahuan yang didalamnya tercakup masalah epistomologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab persoalan apa yang dapat kita ketahui.
    8)      Hasbullah bakry
    Menurut bakry, ilmu filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta dan juga manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimana sikap manusia seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
    9)      Notonagoro
    Notonagoro berpendapat bahwa filsafat itu menelaah hal-hal yang dapat menjadi objeknya dari sudut intinya yang mutlak dan mendalam, yang tetap dan yang tidak berubah, yang disebut hakikat.
    10)  Ir. Poedjawijatna
    Menurut Poedjawijatna, filsafat adalah ilmu yang berusaha untuk mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran belaka. 
    11)  N. driyarkara
    Filsuf Indonesia ini berpendapat bahwa filsafat adalah perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebab “ada dan berbuat”, perenungan tentang kenyataan (reality) yang sedalam-dalamnya sampai ke ‘mengapa’ yang penghabisan.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan