- Home>
- Pengertian Aliran - Aliran Pendidikan
Posted by : Unknown
Senin, 26 Desember 2016
Aliran-aliran pendidikan adalah
pemikiran-pemikiran yang membawa pembaharuan dalam dunia pendidikan. Pemikiran
tersebut berlangsung seperti suatu diskusi berkepanjangan, yakni
pemikiran-pemikirn terdahulu selalu ditanggapi dengan pro dan kontra oleh
pemikir berikutnya, sehingga timbul pemikiran yang baru, dan demikian
seterusnya. Agar diskusi berkepanjangan itu dapat dipahami, perlu aspek dari
aliran-alira itu yang harus dipahami. Oleh karena itu setiap calon tenaga
kependidikan harus memahami berbagai jenis aturan-aturan pendidikan. Dalam
dunia pendidikan setidaknya terdapat 3 macam aliran pendidikan, yaitu aliaran
klasik, aliran modern dan aliran pendidikan pokok di Indonesia.
Aliran-aliran klasik ini
meliputi :
1.
Aliran Empirisme
Aliran ini menganut paham yang berpendapat bahwa segala pengetahuan,
keterampilan dan sikap manusia dalam perkembanganya ditentukan oleh pengalaman
(empiris) nyata melalui alat inderanya baik secara langsung berinteraksi dengan
dunia luarnya maupun melalui proses pengolahan dalam diri dari apa yang
didapatkan secara langsung.
Jadi segala kecakapan dan pengetahuanya tergantung, terbentuk dan
ditentukan oleh pengalaman. Sedangkan pengalaman didapatkan dari lingkungan
atau dunia luar melalui indra, sehingga dapat dikatakan lingkunganlah yang
membentuk perkembangan manusia atau anak didik. Bahwa hanya lingkunganlah yang
mempengaruhi perkembangan anak.
Menurut John Locke, tak ada sesuatu dalam jiwa yang sebelumnya tak ada
dalam indera. Ini berarti apa yang terjadi, apa yang mempengaruhi apa yang
membentuk perkembangan jiwa anak didik adalahlingkungan melalui pintu gerbang
inderanya yang berarti tidak ada yang terjadi dengan tiba-tiba tanpa melalui
proses penginderaan.
2.
Aliran
Nativisme
Teori ini merupakan kebalikan dari teori empirisme, yang mengajarkan bahwa
anak lahir sudah memiliki pembawaan baik dan buruk. Perkembangan anak hanya
ditentukan oleh pembawaanya sendiri-sendiri. Lingkungan sama sekali tidak
mempengaruhi apalagi membentuk kepribadian anak. Jika pembawaan jahat akan
menjadi jahat, jika pembawaanyan baik akan menjadi baik. Jadi lingkungan yang
diinginkan dalam perkembangan anak adalah lingkungan yang tidak dibuat-buat,
yakni lingkungan yang alami.
3.
Aliran
Konvergensi
Faktor pembawaan dan faktor
lingkungan sama-sama mempunyai peranan yang sangat penting, keduanya tidak
dapat dipisahkan sebagaiman teori nativisme teori ini juga mengakui bahwa
pembawaan yang dibawa anak sejak lahir juga meliputi pembawaan baik dan
pembawaan buruk. Pembawaan yang dibawa anak pada waktu lahir tidak akan bisa
berkembang dengan baik tanpa adanya dukungan lingkungan yang sesuai dengan
pembawaan tersebut.
William Stern mengatakan bahwa
perkembangan anak tergantung dari pembawaan dari lingkugan yang keduanya merupakan
sebagaiman dua garis yang bertemu atau menuju pada satu titik yang disebut
konvergensi.
Dari beberapa uraian diatas,
teori yang cocok dapat diterima sesuai dengan kenyataan adalah teori
konvergensi, yang tidak mengekstrimkan faktor pembawaan, faktor lingkungann
atau alamiah yang mempengaruhi terhadap perkembangan anak, melainkan semuanya
dari faktor-faktor tersebut mempengaruhi terhadap perkembangan anak.
4.
Aliran
Naturalisme
Aliran ini mempunyai kesamaan
dengan teori nativisme bahkan kadang-kadang disamakan. Padahal mempunyai
perbedaan-perbedaan tertentu. Ajaran dalam teori ini mengatakan bahwa anak
sejak lahir sudah memiliki pembawaan sendiri-sendiri baik bakat minat,
kemampuan, sifat, watak dan pembawaan-pembawaan lainya. Pembawaan akan
berkembang sesuai dengan lingkungan alami, bukan lingkungna yang dibuat-buat.
Dengan kata lain jika pendidikan diartikan sebagai usahan sadar untuk
mempengaruhi perkembangan anak seperti mengarahkan, mempengaruhi, menyiapkan,
menghasilkan apalagi menjadikan anak kearah tertentu, maka usaha tersebut
hanyalah berpengaruh jelek terhadapperkembangan anak. Tetapi jika pendidikan
diartikan membiarkan anak berkembang sesuai dengan pembawaan dengan lingkungan
yang tidak dibuat-buat (alami) makan pendidikan yang dimaksud terakhir ini
betrpengaruh positif terhadap perkembangan anak.
tampilan blognya lucu banget
BalasHapus