• Posted by : Unknown Sabtu, 24 Desember 2016

    Pada mulanya berarti alat tukang batu atau kayu yang berupa segitiga.  Pada perkembangannya norma berarti ukuran, garis pengarah, atau aturan, kaidah bagi pertimbangan dan penilaian. Nilai yang menjadi milik bersama di dalam satu masyarakat dan telah tertanam dengan emosi yang mendalam akan menjadi norma yang disepakati bersama.
    Segala hal yang dinilai baik, cantik atau berguna akan diusahakan supaya diwujudkan kembali di dalam perbuatan kita. Sebagai hasil usaha itu timbullah ukuran perbuatan atau norma tindakan. Norma itu kalau telah diterima oleh anggota masyarkat selalu mengandung sanksi dan pahala.
    a)      Tidak dilakukan sesuai norma – hukuman; celaan, dan sebagainya.
    b)      Dilakukan sesuai dengan norma – pujian; balas jasa dan sebagainya.
    Ada banyak norma. Ada norma khusus, yaitu norma ynag hanya berlaku dalam bidang dan situasi yang khusus, misalnya bola tidak boleh disentuh oleh tangan, hanya berlaku kalau atau sewaktu kita main sepak bola dan kita bukan kipper. Di samping norma khusus ada juga norma umum. Norma umum ada tiga macam, yaitu sebagai berikut.
    1.      Norma sopan santun
    Norma ini menyangkut sikap lahiriah manusia. Meskipun lahiriah dapat mengungkapkan sikap hati dan karena itu mempunyai kualitas moral, namun sikap lahiriah sendiri tidak mempunyai kualitas moral.
    2.      Norma hukum
    Norma hukum adalah norma ynag dituntut dengan tegas oleh masyarakat karena dianggap perlu demi keselamatan dan kesejahteraan umum. Norma hukum adalah norma yang tidak dibiarkan dilanggar. Hukum tidak dipakai untuk mengukur baik buruknya seseorang sebagai manusia, melainkan untuk menjamin tertib umum.
    3.      Norma moral
    Norma moaral adalah tolak ukur yang dipakai masyarakat untuk mengukur kabaikan seseorang. Maka dengan norma moral, kita benar-benar dinilai. Itulah sebabnya penilaian moral selalu berbobot. Manusia tidak dilihat dari salah satu segi melainkan sebagai manusia. Apakah seseorang selalu taat, atau seorang munafik. Apakah kita ini baik atau buruk, itulah yang menjadi permasalahan moral.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan