• Posted by : Unknown Selasa, 20 Desember 2016

    Filsafat ilmu adalah penyelidikan tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara memperolehnya. Pokok perhatian filsafat ilmu adalah proses penyelidikan itu sendiri.
             Istilah lain dari filsafat ilmu adalah theory of science (teori ilmu), metascience (adi – ilmu), science of science (ilmu tentang ilmu).
    Gambaran singkat tentang pengertian filsafat ilmu yang dirangkum dalam tiga medan telaah yang yang tercakup di dalm filsafat ilmu. Yaitu :
    1.     Filsafat ilmu adalah suatu telaah kritis terhadap metode yang digunakan oleh ilmu tertentu, terhadap lambang-lambang yang digunakan, dan terhadap struktur penalaran tentang sistem lambang yang digunakan. telaah kritis ini dapat diarahkan untuk mengkaji ilmu empiris dan ilmu rasional, juga untuk membahas studi-studi bidang etika dan estetika, studi kesejarahan, antropologi, geologi, dan sebagainya.
    2.      Filsafat ilmu adalah upaya untuk mencari kejelasan mengenai dasar-dasar konsep, sangka wacana, dan postulat mengenai ilmu serta upaya untuk membuka tabir dasar-dasar keempirisan, kerasionalan, dan kepragmatisan.
    3.      Filsafat ilmu adalah studi gabungan yang terdiri atas beberapa studi yang beraneka macam yang ditunjukan untuk menetapkan batas yang tegas mengeani ilmu tertentu.
    Tempat kedudukan filsafat ilmu ditentukan oleh dua lapangan penyelidikan filsafat ilmu.
    1. Sifat pengetahuan ilmiah. Dalam bidang ini filsafat ilmu berkaitan erat denagn epistemology yang mempunyai fungsi menyelidiki syarat pengetahuan manusia dan bentuk pengetahuan manusia.
    2.     Menyangkut cara-cara mengusahakan dan mencapai pengetahuan ilmiah. dalam bidang ini filsafat ilmu berkaitan erat dengan logika  dan metodologi. Ini berarti cara-cara mengusahakan dan memperoleh pengetahuan ilmiah berkaitan erat dengan susunan logis dan metologis serta tata urutan berbagai langkah dan unsur yang terdapat dalam kegiatan ilmiah pada umumnya.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan