• Posted by : Unknown Minggu, 25 Desember 2016

    Etika secara etimologi berasal dari kata yunani, yakni Ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat. Secara termilonlogi, etika adalah cabang filsafat yang membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubungannya dengan baik buruk. Yang dapat dinilai baik buruk adalah sikap manusia, yaitu yang menyangkut perbuatan, tingkah laku, gerakan, kata-kata, dan sebagainya.
                Ruang lingkup etika meliputi bagaimana caranya agar dapat hidup lebih baik dan bagaimanya caranya untuk berbuat baik serta menghindari keburukan.
                Etika dapat dibagi menjadi etika deskriptif dan etika normatif.
    a.  Etika deskriptif hanya melukiskan, menggambarkan, menceritakan apa adanya, tidak memberikan penilaian, tidak memilih mana yang baik dan mana yang buruk, tidak mengajarkan bagaimana seharusnya berbuat. Contohnya sejarah etika.
    b.      Adapun Etika normatif sudah memberika penilaian mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang harus dikerjakan dan mana yang tidak.
    Etika normatif dapat dibagi menjadi etika umum dan etika khusus. Etika umum membicarakan prinsip-prinsip umum, seperti apakah nilai, motivasi suatu perbuatan, suara hati, dan sebagainya. Etika khusus adalah pelaksanaan dari prinsif-prinsif umum, seperti etika pergaulan, etika dalam pekerjaan dan sebagainya.

          Pemabagian etika lain adalah etika individual dan etika sosial. Etika individual membicarakan perbuatan atau tingkah laku manusia sebagai individu. Misalnya tujuan hidup manusia. Etika sosial membicarakan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam hubungannya dengan orang lain. Misalnya baik atau buruknya dalam keluarga, masyarakat dan negara.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan