• Posted by : Unknown Selasa, 27 Desember 2016

    Pada dasarnya Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa melayu. Pada zaman sriwijaya, Bahasa melayu di pakai sebagai Bahasa penghubung antarsuku di Nusantara dan sebagai Bahasa yang digunakan dalam perdagangan antara pedagang dari dalam Nusantara, pada saat itu Bahasa melayu telah berfungsi sebagai :
    1.      Bahasa kebudayaan yaitu Bahasa buku-buku yang berisi aturan-aturan hidup dan sastra
    2.      Bahasa perhubungan (lingua franca) antar suku di Indonesia
    3.      Bahasa perdagangan baik bagi suku yang ada di Indonesia maupun pedagang yang berasal dari luar Indonesia.
    4.      Bahasa resmi kerajaan
    Bahasa melayu menyebar ke pelosok Nusantara bersamaan dengan menyebarnya agama islam di Indonesia di wilayah Nusantara, serta makin berkembang dan bertambah kokoh keberadaannya karena Bahasa melayu mudah di terima oleh masyarakat Nusantara sebagai Bahasa perhubungan  antarpulau, antarsuku, antarpedagang, antarbangsa dan antarkerajaan. Bahasa melayu dipakai di mana-mana di wilayah Nusantara serta semakin berkembang dan bertambah kukuh keberadaannya. Bahasa melayu yang dipakai di daerah di wilayah Nusantara dalam pertumbuhannya di pengaruhi oleh corak budaya daerah. Bahasa melayu menyerap kosakata dari berbagai Bahasa, terutama dari Bahasa Sansakerta, Bahasa Persia, Bahasa Arab, Bahasa-bahasa Eropa. Bahasa melayu dalam perkembangannya muncul dalam berbagai variasi dan dialek.
    Perkembangan Bahasa melayu di wilayah Nusantara mempengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan rasa persatuan bangsa Indonesia, oleh karena itu para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat Bahasa melayu menjadi Bahasa Indonesia menjadi Bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia.
    Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 oktober 1928 (sumpah pemuda). Unsur ketiga dari sumpah pemuda merupakan pernyataan tekad bahwa Bahasa Indonesia merupakan Bahasa persatuan bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 bahasa Indonesia di kokohkan kedudukannya sebagai Bahasa Nasional. Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai Bahasa negara pada tanggal 18 agustus 1945.
    Ada empat faktor yang menyebabkan Bahasa melayu diangkat menjadi Bahasa Indonesia , yaitu :
    1.   Bahas melayu adalah merupakan lingua franca di Indonesia, Bahasa perhubungan dan Bahasa perdagangan
    2.      Sistem Bahasa melayu sederhana, mudah di pelajari karena dalam Bahasa melayu tidak di kenal tingkatan Bahasa (Bahasa kasar dan Bahasa halus)
    3.   Suku jawa, suku sunda, dan susku-suku yang lainnya dengan sukarela menerima Bahasa melayu menjadi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa nasional
    4.    Bahasa melayu mempunyai kesanggupan untuk dipakai sebagai Bahasa kebudayaan dalam arti yang luas.


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - maesaroh blog

    maesaroh blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan